Kesehatan merupakan salah satu modal utama untuk memastikan kesejahteraan masyarakat Indonesia kedepannya. Karena itu cukup memprihatinkan bahwa di Indonesia masih terdapat banyak daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih, fasilitas sanitasi yang layak, layanan kesehatan yang baik, serta kurang memahami Pola Hidup Bersih dan Sehat.
Setelah di dua tahun sebelumnya LOKA, brand supermarket di bawah pengelolaan MahaDasha, selenggarakan Program Tanggung Jawab Sosial perusahaan melalui Program LOKA Berbagi Sembako, di tahun 2023 LOKA kembali mewujudkan kepeduliannya terhadap sesama dengan menggulirkan program Belanja Bareng Yatim (BBY) berkolaborasi dengan Human Initiatives.
MahaDasha yang merupakan bagian dari Grup Tiara Marga Trakindo (TMT) dipercaya untuk memfokuskan kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility – CSR) perusahaan pada Pilar Kesehatan dari empat pilar utama yang telah ditetapkan oleh TMT. Sesuai amanah yang telah diberikan, dalam setiap kegiatan CSR yang dilakukan MahaDasha senantiasa berkomitmen untuk memastikan setiap orang memiliki akses yang sama terhadap air bersih layak konsumsi, fasilitas sanitasi yang layak, layanan kesehatan, dan mengedukasi masyarakat melalui program sosialisasi untuk membangun kesadaran akan Kesehatan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi secara global tidak hanya telah mengakibatkan krisis pada dimensi kesehatan saja, namun juga berimbas pada berbagai dimensi lainnya termasuk didalamnya dimensi ekonomi. Kondisi pandemi yang berlangsung telah memicu dilakukankannya sejumlah upaya untuk dapat menahan laju kecepatan penyebaran COVID-19, salah satunya melalui penerapan kebijakan pembatasan mobilitas yang telah dilakukan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal ini tentunya telah turut berpengaruh pada melambatnya roda ekonomi global dan juga nasional, bahkan tidak sedikit masyarakat yang harus kehilangan mata pencahariannya karena pembatasan mobilitas yang dilakukan.
MahaDasha percaya, bahwa Perusahaan tidak hadir semata-mata untuk kepentingan bisnis dan meraih keuntungan sebesar-besarnya, namun juga hadir sebagai bagian dari masyarakat dan lingkungan yang turut memberikan manfaat serta berkontribusi positif terhadap masyarakat sekitar. Sebuah komitmen yang juga telah tertanam dan menjadi bagian dari visi Perusahaan untuk selalu berkontribusi secara aktif sebagai warga korporasi yang baik terhadap komunitas sekitar di mana MahaDasha berada.