PT Sonton Food Indonesia Ground Breaking Ceremony, Langkah Awal MahaDasha di Dunia Manufaktur

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Grup MahaDasha kembali memperluas skala bisnisnya dengan  mendirikan PT Sonton Food Indonesia (SFI), sebuah joint venture antara Sonton Holdings Jepang (SHD) dengan PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha). PT Sonton Food Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur bread fillings dengan target pasar business-to-business (B2B). Acara peletakan batu pertama (ground breaking ceremony) pembangunan proyek pabrik yang berlangsung di Cikarang pada tanggal 17 Oktober 2014 ini merupakan penanda resminya MahaDasha masuk di industri ini.

Sonton

Pabrik yang rencananya akan beroperasi pada kuartal 3 tahun 2015 ini dibangun di atas lahan seluas 30.136 meter persegi dan akan memproduksi berbagai jenis selai (filling), spread, dan custard yang akan dipasok ke produsen-produsen roti,hotel, serta ke industri lainnya. “Target awal kami memang B2B, namun ke depannya kami akan  melakukan perluasan ke pasar ritel. Untuk mencapai target tersebut, kami telah menyusun berbagai rencana dan persiapan yang matang, salah satunya dengan adanya tim R&D di pabrik ini yang akan melakukan berbagai tes dan pengembangan produk dalam rangka mendapatkan pemahaman akan kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga dapat menciptakan rangkaian produk terbaik,” ujar Nobufumi Ohuchi, President Director PT Sonton Food Indonesia, dalam pidatonya pada acara ground breaking ceremony.

Bagi MahaDasha sendiri, memasuki industri manufaktur makanan merupakan hal yang baru, untuk itu MahaDasha menggandeng mitra yang telah berdiri dan melayanimasyarakat Jepang selama lebih dari 70  tahun. Mivida Hamami, Direktur Utama MahaDasha mengatakan, “Melalui pendirian pabrik ini, Grup MahaDasha secara resmi memasuki dunia manufaktur yang akan semakin melengkapi portofolio bisnis Grup. Dengan kerjasama yang erat, saya yakin, PT Sonton Food Indonesia dapat menjadi salah satu produsen food manufacture yang diperhitungkan di Indonesia. Dengan reputasi yang telah dibangun oleh Sonton Holding di Jepang, kami juga yakin bahwa produk-produkyang akan dihasilkan oleh PT Sonton Food Indonesia akan dapat diterima dengan baik oleh pasar di Indonesia.”

Sonton Holding Jepang (Sonton Group), merupakan pemegang saham terbesar dari join tventure ini. “Acara hari ini menjadi titik kulminasi bagi rangkaian jerih payah yang telah dibangun oleh pendiri kami Bapak Ikujiro Ishikawa, yang memulai bisnis ini untuk membantu masyarakat Jepang yang mengalami kemiskinan pada saat perang Pasifik. Bagi kami, pembangunan pabrik di Indonesia ini merupakan pencapaian penting, mengingat ini merupakan pembangunan pabrik pertama di luar Jepang. Untuk itu, kami sangat berterima kasih dan menyambut baik kerjasamadengan MahaDasha sebagai mitra kami di Indonesia. Kami yakin, kolaborasi dua Grup ternama dari dua negara ini akan menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat melayani kebutuhan pasar di Indonesia,” papar Shinichiro Ishikawa, President Director Sonton Holdings Co. ltd.

Saat ini, pembangunan pabrik terus berlangsung dengan dukungan dari kontraktor, rekanan, dan masyarakat di sekitar Cikarang. (Mel)