Seminar “Mengenali Gejala Kanker pada Anak”

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Sebagai bagian dari rangkaian Bulan Peduli Kanker Anak, MahaDasha Volunteer Club bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia(YKAKI) pada selasa 31 Juli 2012 lalu bertempat di Ruang Tiara 4 Gedung TMT 1 telah menyelenggarakan Seminar Kanker Anak dengan tema “Mengenali Gejala Kanker pada Anak”.

Acara dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Saidinur Anwar selaku Direktur Corporate Support Service PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha). Dalam sambutannya Bapak Saidi menyampaikan bahwaseminar kanker ini merupakan bagian dari kegiatan Bulan Peduli Kanker AnakMahaDasha yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian MahaDasha terhadap kesehatan. Dipilihnya kesehatan sebagai fokus aksi sosial MahaDasha kali ini adalah karena selama ini kegiatan sosial Grup TMT telah banyak berkiprah dibidang pendidikan dan lingkungan masyarakat. Bidang kesehatan, khususnya kesehatan anak masih belum banyak disentuh oleh Grup TMT, dan sejalan dengan momentum hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 juli lalu maka MahaDasha memutuskan aksi sosial kali ini akan ditujukan bagi kesehatan anak-anak.

Bapak Mardi Santosa dari YKAKI selanjutnya hadir dan bercerita banyak tentang YKAKI dan kegiatannya selama ini. YKAKI sendiri adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh orang tua anak penderita kanker bersama teman-teman yang lain yang ditujukan untuk meringankan beban orang tua dengan anak penderita kanker yang berasal dari keluarga pra sejahtera. Rumah singgah, transportasi pasien, hospital schooling, adalah beberapa fasilitas yang disediakan oleh YKAKI.

Hadir sebagai pembicara pada seminar hari itu adalah dr Intan Mahdi SpAK dari bagian Hematologi dan OnkologiAnak Rumah Sakit Dharmais Jakarta dengan moderator Bapak Nugroho Saleh yang juga berasal dari YKAKI.Acara yang dihadiri oleh karyawan dari lingkungan TMT Group ini berlangsung cukup interaktif dengan berbagai pertanyaan seputar penyakit kanker anak yang dilontarkan oleh peserta. “Acara ini sangat bermanfaat dan isinya perlu diketahui oleh semua khalayak. Dengan mengetahui penyebab kanker yang diluar faktor keturunan (yaitu dari faktor lingkungan), maka kita bisa berusaha menghindari penyakit tersebut.” ujar Yougkie Lukianto peserta dari PT Trakindo Utama ketika ditanya pendapatnya mengenai seminar kali ini.

Seperti yang kita ketahui kanker bukanlah penyakit yang asing di telinga kita, penyakit ini telah terkenal dengan keganasannya yang mampu mengakibatkan kematian.Namun demikian kanker sebenarnyadapat disembuhkan apabila kita dapat mengetahui gejalanya sejak dini dan dilakukan perawatan yang tepat. Lebih lanjut kanker pada anak lebih sulit untuk dideteksi karena pada umumnya anak-anak belum dapat memahami dan menceritakan gejala yang dirasakannya. Sehingga dengan adanya seminar ini dapat memberikan informasi yang cukup bagi peserta untuk mengetahui gejala-gejala kanker pada anak.

Acara kemudian diselingi dengan mini quiz yang cukup menarik minat peserta yang hadir, enam pertanyaan yang dilempar ke peserta kesemuanya berhasil dijawab dengan baik. Penyerahan secara simbolis souvenir kemudian hadir sebagai agenda terakhir acara hari itu. Souvenir pertama diserahkan oleh MahaDasha kepada YKAKI oleh Bapak Saidinur Anwarkemudian souvenir selanjutnya diserahkan Ibu Ira Soelistyo Ketua YKAKI kepada MahaDasha yang diwakili oleh Bapak Saidinur Anwar.  (rht)