Grup MahaDasha Raih Bronze Achievement di OPEXCON17

Gelaran “Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2017” (OPEXCON17) kembali dilaksanakan oleh majalah SHIFT pada 11 Oktober 2017 lalu. Ajang yang cukup diperhitungkan di antara perusahaan-perusahaan di tanah air yang memiliki komitmen melakukan continuous improvement dalam transformasi bisnis mereka.

Memasuki tahun keenam penyelenggaraan, OPEXCON kali ini mengangkat tema “The Real Challenges of Industry 4.0” dan memperlombakan proyek yang antara lain menggunakan metode Lean, Six Sigma, QCC, Kaizen, PDCA, VSM, dsb. Panitia penyelenggara The 6th OPEXCON 2017, Ferdinan Hasiholan, mengatakan bahwa penyelenggaraan tahun ini cukup berbeda karena terdapat kriteria penilaian yang baru dimana unsur otomatisasi atau digital menjadi salah satu poin penting dalam penilaian kompetisi kali ini.

Tahun ini, untuk pertama kalinya PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) mengirimkan dua project untuk acara tahunan OPEXCON17 sebagai wujud komitmen dalam mendukung dan mengapresiasi anak-anak usahanya dalam menjalankan budaya continuous improvement. Project yang dikirimkan MahaDasha tahun ini diwakili oleh PT Triyasa Propertindo, project leader Bapak Zekri Rais, dengan judul “Pemanfaatan Sensor AC Terintegrasi untuk Meningkatkan Kepuasan Tenant” dan PT Mega Mahadana Hadiya, project leader Henny Indratiningsih, dengan judul “Improve Labor Cost Performance in Quick Service Restaurant”.

Penilaian dilakukan dalam beberapa tahapan,dimulai dari proses seleksi project yang masuk hingga mengerucut menjadi 21 nominasi pemenang dari 3 sektor industri, yaitu dari sektor manufaktur, services, serta pertambangan dan energi. Mengedepankan inovasi dan teknologi dalam proses seleksinya, pencapaian yang berhasil diraih di OPEXCON bisa dikatakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para nominator maupun pemenang dari masing-masing sektor. Dan untuk tahun ini, dua project yang dikirim oleh Grup MahaDasha berhasil meraih penghargaan “Bronze Achievement” untuk kategori services. Semoga ke depannya, pencapaian tahun ini dapat lebih memotivasi seluruh karyawan Grup MahaDasha untuk terus mengembangkan budaya continuous improvement dan meraih prestasi yang lebih baik lagi di ajang-ajang inovasi dan continuous improvement selanjutnya. (Agus)