Air untuk Kehidupan, Bentuk Komitmen Grup MahaDasha bagi Kesejahteraan Masyarakat

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PT Mahadana Dasha Utama, kali ini bersama PT Chakra Jawara, PT Chitra Paratama, PT Mega Mahadana Hadiya dan PT Mitra Solusi Telematika, kembali menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Melalui kegiatan CSR “Air untuk Kehidupan” bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, tim volunteer Grup MahaDasha membangunan fasilitas air bersih dan sanitasi dan juga sosialisasi gaya hidup bersih dan sehat di Desa Sungak yang berlokasi di Serang Banten dalam rangka employee volunteerism tahap pertama.

Program “Air untuk Kehidupan” merupakan sebuah program bertema kesehatan lingkungan yang ditujukan untuk membantu warga yang berada di daerah krisis air dan fasilitas sanitasi agar dapat menikmati fasilitas air bersih yang memadai. Seperti yang kita ketahui bersama, seiring dengan meningkatnya populasi manusia dan pembangunannya, penggunaan air tanah dan air permukaan untuk keperluan domestik, perkotaan, industri, dan pertanian juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan semakin susahnya akses air bersih bagi beberapa wilayah. Lokasi pemukiman yang jauh dari sumber mata air atau pencemaran air adalah beberapa masalah utama yang turut menyebabkan minimnya ketersediaan air bersih di beberapa daerah di Indonesia seperti yang terjadi di Desa Sungak.

Meskipun terletak tidak jauh dari pusat kota Banten, kondisi lingkungan terutama akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi sangat memprihatinkan. Desa dengan populasi penduduk 116 kepala keluarga dengan UMR rata-rata Rp 30 ribu per hari ini hanya memperoleh aliran air irigasi selama 3 hari dalam seminggu yang dialirkan pada kali kecil. Air inilah yang dipergunakan penduduk desa untuk kebutuhan sehari-hari. Karena keterbatasan air bersih yang ada, tidak jarang mereka menggunakan air berwarna coklat dari kali kecil tersebut sebagai air minum, selain tentunya untuk kebutuhan lain seperti mencuci, mandi dan buang air. Dari total 86 rumah penduduk yang ada, hanya 10 rumah yang memiliki fasilitas MCK yang memadai, selebihnya warga sepenuhnya mengandalkan aliran irigasi tersebut, yang dari sisi kualitas air sangat jauh dari bersih dan jernih. Kondisi ini yang kemudian menjadi alasan Grup MahaDasha memilih Desa Sungak sebagai desa untuk program “Air untuk Kehidupan”. Selain keterbatasan air bersih, masih rendahnya kesadaran masyarakat akan cara hidup sehat juga menjadi perhatian khusus Grup MahaDasha.

Pada kegiatan CSR kali ini, kegiatan tidak hanya dititikberatkan pada pembangunan fasilitas semata, namun juga pada upaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan hidup yang bersih dan sehat. Sehingga program pun difokuskan pada pembangunan fasilitas sanitasi dan juga sosialisasi gaya hidup bersih dan sehat bagi dewasa dan anak-anak. Grup MahaDasha membangun dua tandon air beserta sumur sedalam 50 meter lengkap dengan pipanisasi yang diletakkan pada dua titik utama desa. Melengkapi tandon air, Grup MahaDasha juga membangun tujuh fasilitas MCK umum untuk dapat digunakan oleh warga.

Tidak hanya memberikan bantuan berupa dana, Grup MahaDasha juga turut berperan serta dalam proses pembangunan fasilitas tersebut. Employee volunteerism dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni pada tanggal 19 November dan 1 Desember 2014. Gelombang pertama difokuskan pada pembangunan pondasi untuk tandon air, MCK, serta penyuluhan gaya hidup bersih dan sehat untuk pada ibu-ibu di desa dan anak-anak di salah satu sekolah. Pada gelombang kedua, tim Grup MahaDasha dan Dompet Dhuafa beserta masyarakat setempat kembali melanjutkan proses pengerjaan tandon air dan MCK yang telah mencapai tahap penyelesaian. Antusiasme karyawan pada kedua kegiatan employee volunteerism yang diselenggarakan sangatlah luar biasa. Rekan-rekan yang biasanya bekerja di belakang meja tidak sungkan-sungkan saling membantu mengerjakan pembangunan tandon air dan MCK bersama masyarakat setempat. Antusiasme karyawan terlihat dari total 100 orang karyawan perwakilan masing-masing perusahaan ikut serta dalam kegiatan ini.

“Ini merupakan pengalaman pertama saya menjadi volunteer CSR MahaDasha. Saya merasa senang sekali diberikan kesempatan untuk menunjukkan aktualisasi diri saya dan sekaligus bangga mewakili karyawan Grup MahaDasha dalam kegiatan sosial ini. Semua volunteer yang turut serta kompak dan saling bahu membahu demi kesuksesan kegiatan ini. Kebetulan saya masuk di tim PHBS anak, terharu sekali saat anak-anak SD berebut salaman menyambut kedatangan para volunteer. Mereka begitu antusias sekali mendengarkan dan berpartisipasi dalam pembelajaran hidup bersih dan sehat yang diberikan. Semoga kegiatan ini dapat terus berkesinambungan dan MahaDasha semakin JAYA!!! – We must stop thinking of the individual and start thinking about what is best for society.” (Hillary Clinton) –“  Yulianik Indarwati, MST.

“Saya merasa senang dapat dilibatkan dalam kegiatan CSR ini. Karena bagi saya tanggung jawab sosial bukan hanya menjadi kewajiban perusahaan semata, tetapi juga saya sebagai karyawan. Saya cukup prihatin melihat kondisi yang ada di desa ini dan sangat berharap bahwa bantuan yang diberikan oleh Grup MahaDasha dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Sungak,”

Dani Hendarto, MahaDasha.

Pada bagian sosialisasi, para ibu yang sebelumnya telah dibekali dengan pengetahuan mengenai cara menggolah makanan sehat, bersama tim Grup MahaDasha dengan antusias memasak makanan dan minuman sehat untuk disantap bersama-sama. Anak-anak pun sangat senang dengan kehadiran kakak-kakak dari Grup MahaDasha, selain praktik cara cuci tangan yang benar, anak-anak sekolah ini juga dihujani oleh beragam aktivitas yang menyenangkan seperti mewarnai gambar makanan dan lingkungan sehat, bermain ular tangga raksasa, membuat poster sehat, serta menghias tong sampah. Puncak kesenangan anak-anak semakin terlihat dengan banyaknya hadiah yang diberikan ketika mereka berhasil menjawab pertanyaan dan menyelesaikan lomba. Pada acara ini, anak-anak juga diberi paket sikat gigi dan odol agar langsung dapat mempraktikkan gaya hidup sehat tersebut di rumah. Pembagian buah pisang dan susu kotak sebagai bingkisan sehat pun semakin mengembangkan senyum di wajah mereka.

MahaDasha akan terus melanjutkan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan sosial. Peranan MahaDasha dalam mengemban salah satu pilar CSR Grup TMT yaitu kesehatan akan terus berlanjut dan diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.(rht)