PT Sonton Food Indonesia Grand Opening Ceremony, “Ready to Serve Indonesian Market”

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PT Sonton Food Indonesia (SFI) kini telah siap menapaki bisnis industri selai di Indonesia, hal ini ditandai dengan dilaksanakannya acara Grand Opening kantor sekaligus pabrik SFI yang terletak di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat pada Rabu, 16 Maret 2016 lalu. Mengangkat tema “Sonton Ready to Serve Indonesian Market”, puncak acara peresmian ini dengan seremoni penuangan cairan bahan baku selai pada tabung kaca hingga membentuk tulisan Sonton yang kemudian muncul di layar dan diteruskan oleh video multimedia sebagai simbolisasi kesiapan SFI melayani pasar Indonesia. Peresmian dilakukan oleh Bapak Shinichiro Ishikawa, Presiden Direktur SHD, Ibu Mia Hamami, Presiden Direktur MahaDasha, Bapak Nobufumi Ohuchi, Presiden Direktur SFI, Yoshikazu Moriya, Presiden Komisaris SFI, Yasuhiro Okada Komisaris SFI, dan Ibu Saskia Passika, Komisaris SFI.

PT Sonton Food Indonesia seperti kita ketahui bersama merupakan perusahaan joint venture antara Sonton Holdings Co., Ltd. Jepang (SHD) dengan PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) yang akan memproduksi Spread, Jam, dan Custard Cream. SFI merupakan ekspansi perdana di bidang food manufacture bagi MahaDasha yang kali ini menggandeng SHD, perusahaan produsen selai terkemuka di Jepang dengan pengalaman lebih dari 70 tahun melayani masyarakat Jepang.

Dengan visi untuk turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, SFI ke depannya akan memproduksi varian produk selai yang berkualitas dengan target pasar Business-to-Business (B2B) sekaligus akan merambah peluang pasar ekspor dan pasar Business-to-Customer (B2C). Kehadiran SFI diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi industri manufaktur makanan di Indonesia melalui latest technology dan machinery yang di adopsi dari Jepang.

Pabrik Sonton Food Indonesia terletak di Delta Silicon III – Lot F23 No. 10, Cikarang Pusat – Bekasi, berdiri di atas lahan seluas 30.136 meter persegi. SFI akan memasok selai ke produsen roti, biskuit, ice cream, confectionary dan lainnya, sebagai langkah awal memasuki pasar Indonesia, SFI akan terlebih dulu fokus di industri bakery.

“Pabrik Sonton pertama di luar Jepang ini menghasilkan produksi Spread, Jam, dan Custard Cream dengan target pasar awal yakni business-to-business (B2B) dengan total produksi 7.000 ton per tahun. Ke depannya, Presiden Direktur Sonton Food Indonesia, Nobufumi Ohuchi, dalam acara peresmian beroperasinya pabrik SFI di Cikarang, Jawa Barat.

Ohuchi menambahkan, pihaknya optimistis akan diterima oleh pasar di Indonesia mengingat jumlah penduduk kelas menengah Indonesia yang signifikan serta didukung oleh pergeseran pola konsumen masyarakat Indonesia ke makanan terutama konsumsi roti yang tentunya sejalan dengan konsumsi selai. Hal ini juga didukung dengan beberapa hal yang menjadi diferensiasi produk SFI dibanding produk sejenis lainnya seperti teknologi baked stable yang memungkinkan selai tetap dalam bentuk yang sama meskipun telah melalui proses pemanggangan, tetap stabil untuk digunakan pada frozen dough, kustomisasi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan sentuhan standar kualitas khas Jepang.

Melalui joint venture ini, SFI optimis dapat menjadi salah satu food manufacture yang diperhitungkan di Indonesia. Dengan reputasi yang telah dibangun oleh Sonton Holdings Co., Ltd. di Jepang, SFI yakin bahwa produk-produk yang akan dihasilkan oleh PT Sonton Food Indonesia akan dapat diterima dengan baik oleh pasar Indonesia. (Rani)