“Makananku Bergizi, Gigiku Kuat, Aku Sehat”, CSR MahaDasha di Tahun 2013

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Kamis, 14 November 2013, tepatnya pukul 07.30 WIB, SDN Cilandak Timur 01 Pagi mendapat kejutan yang tak terlupakan dari PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha). Penyuluhan dan pemeriksaan gigi digelar untuk 459 siswa, jumlah siswa kelas 1 – 6 di SDN yang lokasinya tak jauh dari Gedung TMT.

csr-2013-1Kegiatan diawali dengan Penyuluhan tentang kesehatan gigi yang dilakukan oleh 12 Dokter gigi dari tim Obor Berkat Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gigi bagi setiap siswa dari kelas 1 – 6. Mulanya siswa kelas 1-3 sedikit merasa takut untuk diperiksa giginya, namun berkat penjelasan dan keramahan dari tim MahaDasha dan dokter gigi sehingga mendorong anak-anak berani untuk diperiksa giginya.

Setiap siswa yang telah selesai diperiksa giginya diberikan 1 buah apel dan Vitamin serta 1 paket kebersihan gigi (pasta gigi, sikat gigi, handuk, gelas kumur, tas kecil), kemudian siswa dikumpulkan dihalaman sekolah untuk kegiatan sikat gigi bersama dengan didampingi oleh tim dari Mahadasha dan dokter gigi.

Selain itu, MahaDasha juga menyediakan hadiah berupa perlengkapan belajar seperti tempat pensil dan alat-alat tulis lainnya juga hadiah khusus untuk anak yang dapat menjawab pertanyaan dari dokter gigi yang bertugas di kelas.

csr-2013-2“Jumlah gigi pada anak-anak sepuluh di atas dan sepuluh di bawah. Gigi yang bagus dan gusinya sehat, biasanya nafasnya segar. Karena itu, untuk mendapatkan gigi yang sehat, gosok gigi dua kali sehari; pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Pasta gigi yang baik, harus mengandung fluoride. Gigi yang baik dan sehat warnanya putih, tidak berlubang dan tidak geripis. Gusi yang baik warnanya merah muda. Jika berwarna merah tua berarti kondisi gusi sedang meradang,” Ungkap drg. Debora Rotua Simanjuntak yang saat itu memberikan penyuluhan dan pemeriksaan gigi buat kelas 1 dan 2 SD.

“Hari ini saya sangat senang sekali. Selain mendapat pengetahuan tentang kesehatan gigi, saya juga mendapat hadiah berupa tempat pensil menarik karena dapat menjawab pertanyaan dari dokter gigi,” ungkap Yuanita, siswa kelas 2 SD.

csr-2013-3Setelah berhasil melakukan penyuluhan dan pemeriksaan gigi, MahaDasha kembali menunjukkan kepeduliannya akan kesehatan anak-anak sekolah dasar. Kali ini MahaDasha mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gizi di SDN 05 Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kamis, 28 November 2013, tepat pukul 08.00 WIB, Tim MahaDasha dan tim OBI memulai kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gizi. Kali ini kegiatan Penyuluhan GIZI dilakukan oleh tim MahaDasha yang didampingi oleh dokter umum dari OBI. Selesai penyuluhan, setiap siswa diperiksa kesehatannya oleh dokter. Setelah selesai pemeriksaan, Tim MahaDasha pun membagikan vitamin dan 1 box makanan berisi roti, susu ultra dan 1 buah Apel kepada setiap siswa.

csr-2013-4Makanan anak-anak pada usia sekolah dasar perlu diperhatikan, karena pada usia ini anak-anak tersebut masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, sehingga keseimbangan gizi perlu dijaga. Kekurangan gizi akan membuat anak menjadi lemah, cepat lelah dan sakit-sakitan, sehingga mereka seringkali absen serta mengalami kesulitan untuk mengikuti dan memahami pelajaran. Hal ini akan berdampak pada kemampuan belajar anak dalam meningkatkan prestasinya,” ungkap Saidinur Anwar, Corporate Support Service Director MahaDasha dalam kata sambutannya.

Lewat program penyuluhan kesehatan gizi, tim MahaDasha dan dokter umum OBI mengajarkan kepada para siswa tentang pentingnya sarapan pagi, makanan sehat dan jajanan sehat. “Sarapan bagi anak sangat mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah. Manfaat sarapan pagi bisa tingkatkan kecerdasan anak, selain mencegah rasa lapar saat berkegiatan di sekolah. Sarapan pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak sehingga mempengaruhi kecerdasannya. Membiasakan anak sarapan secara rutin, bisa membuat daya tangkapnya meningkat hingga mempengaruhi prestasinya,” ungkap dr. Roy Okto Butar-butar.

csr-2013-5Kamis itu penuh dengan kegembiraan. Selain mendapatkan pengetahuan baru dan bermain games bersama, para siswa juga mendapatkan hadiah berupa alat-alat tulis yang telah disiapkan secara khusus oleh MahaDasha, bagi siswa-siswi yang bisa mengikuti berbagai perlombaan/kuis. “saya sangat senang sekali bisa mendapat hadiah seperti ini karena berhasil menjawab pertanyaan dari dr. Tiara tentang jenis-jenis jajanan yang sehat,” ungkap Rezy, siswa kelas 6 SD yang sangat menyukai pelajaran IPA. (Com. MahaDasha)