Pabrik Selai Terkemuka Asal Jepang Hadir di Indonesia

Pabrik yang dilengkapi Latest Technology & Machinery Equipment guna memenuhi beragam kebutuhan pasar selai industri makanan nasional, khususnya untuk industri bread, ice cream, biscuit & confectionary ini merupakan pabrik milik PT Sonton Food Indonesia.

Pabrik yang dilengkapi Latest Technology & Machinery Equipment guna memenuhi beragam kebutuhan pasar selai industri makanan nasional, khususnya untuk industri bread, ice cream, biscuit & confectionary ini merupakan pabrik milik PT Sonton Food Indonesia.

 

CIKARANG, 16 Desember 2015 – PT Sonton Food Indonesia (SFI) merupakan unit usaha hasil joint venture antara Sonton Holdings Co Ltd, Jepang (SHD) dengan PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha), yang bergerak di bidang manufaktur selai dengan target pasar business-to-business (B2B).

MahaDasha, yang sebelumnya sudah memiliki anak perusahaan di bisnis retail dengan menggandeng partner principal brand ternama dari Amerika,  kinikembali melebarkan ekspansi bisnisnya di bidang food manufacture dengan menggandeng mitra bisnis  ternama dari Jepang, Sonton Holding Co Ltd. Sonton Holdings, merupakan perusahaan produsen selai terkemuka di Jepang dengan pengalaman lebih dari 70 tahun melayani masyarakat Jepang.

“Hadirnya SFI diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi industri manufaktur makanan di Indonesia, khususnya di industri selai,” ujar Presiden Direktur Sonton Food Indonesia, Nobufumi Ohuchi,saat menerima kunjungan media nasional ke pabrik SFI di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/12).

“Pabrik SFI akan menghasilkan produksi Custard Cream, Jam dan Spread. Target pasar awal kami memang business-to-business (B2B), namun ke depannya kami berencana melakukan perluasan ke pasar ekspor dan consumer market. Pabrik Sonton Food Indonesia secara resmi akan mulai beroperasi pada semester pertama 2016, dengan produk yang dihasilkan berupa berbagai jenis selai seperti jam, spread, dan custard cream yang akan dipasok ke produsen roti, biskuit, es krim dan confectionary lainnya,” ungkap Ohuchi.

Sebagai market leader industri selai di Jepang, Sonton selalu mengutamakan kualitas produknya  dan dengan memperhatikan tingkat higienitas. “Kami sangat selektif memilih bahan, semua bahan yang kami gunakan diseleksi secara ketat dengan standar kualitas tinggi. Selain itu,proses produksi dilakukan secara manual oleh operator dan mesin automasi, dilengkapi dengan proses pasteurisasi sehingga tingkat kehigienisannya pun sangat terjamin,” ujar Ohuchi.

Kedepannya, Sonton akan memproduksi varian produk yang lebih bercitarasa Indonesia dengan target pasar business-to-consumer (B2C) sekaligus mejajaki peluang pasar ekspor.

Ohuchi menambahkan, bahwa pabrik yang rencananya akan beroperasi pada semester pertama tahun 2016 ini adalah pabrik pertama Sonton Holdings yang berlokasi di luar Jepang. Pabrik yang terletak di Delta Silicon III – Lot F23 No. 23, Cikarang Pusat – Bekasi ini berdiri di atas lahan seluas 30.136 meter persegi.

Bagi MahaDasha, industri manufaktur merupakan hal yang baru. Oleh karena itu, MahaDasha bermitra dengan Sonton Holdings Co Ltd yang telah berpengalaman dalam melayani masyarakat Jepang lebih dari 70 tahun. Pabrik patungan dengan Sonton Holdings Co Ltd ini dilengkapi Latest Technology & Machinery Equipment yang akan memenuhi kebutuhan pasar selai industri makanan nasional.

Ohuchi mengatakan, “Melalui joint venture ini, saya yakin PT Sonton Food Indonesia dapat menjadi salah satu food manufacture yang diperhitungkan di Indonesia. Dengan reputasi yang telah dibangun oleh Sonton Holding Co Ltd di Jepang, kami juga yakin bahwa produk-produk yang akan dihasilkan oleh PT Sonton Food Indonesia akan dapat diterima dengan baik oleh pasar.”