LOKA, Ritel Supermarket Gaya Hidup dari Mahadya (Malang)
JAKARTA, 14 Juli 2014 – PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) kembali melebarkan sayapnya di pasar ritel dengan menghadirkan LOKA. LOKA adalah ritel supermarket gaya hidup dari Mahadya. Gerai LOKA pertama resmi dibuka pada hari Senin, 14 Juli 2014 di Malang City Point, Malang.
President Director Mahadya, Irzan H. Pulungan mengatakan bahwa dengan meluncurkan LOKA, Mahadya ingin semakin memperkuat posisinya dalam industri ritel Indonesia. Setelah sebelumnya memasuki pasar ritel dengan dua merek restoran waralaba internasional, Carl’s Jr. dan Wingstop, kali ini Mahadya membuka supermarket dengan merek LOKA. “Yang berbeda dengan LOKA, ini adalah merek yang konsepnya kami kembangkan sendiri, bukan melalui sistem waralaba, sehingga kami optimis LOKA dapat dengan tepat dan responsif menjawab keinginan pelanggan Indonesia,” jelas Irzan.
Ditemui di tempat yang sama, Chief Operation Officer FMCG Retail Mahadya, Surja Dharma lebih lanjut menjelaskan bahwa LOKA yang menyasar kalangan menengah atas, lahir seiring dengan pertumbuhan segmen ini di Indonesia. “Mereka mempunyai kebutuhan gaya hidup yang semakin tinggi. LOKA menghadirkan pengalaman-pengalaman tersebut dan membuat aktivitas berbelanja menjadi lebih dari sekedar belanja,” ujar Surja. “Hal ini kami lakukan secara konsisten setiap hari. Karena itu, LOKA sebagai supermarket gaya hidup membawa semboyan merek Engage, Experience, Every day untuk menyatakan konsepnya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan akrab, setiap hari.”
Penjelasan Surja memang terlihat jelas dengan berbagai konsep istimewa yang dihadirkan LOKA. Interior LOKA didesain secara modern dan berkelas dengan konsep shop in shopyang menampilkan tema counteryang berbeda-beda, sehingga suasananya unik dan nyaman. Bahkan trolleydi LOKA pun tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga setiap pelanggan dapat memilih warna yang disukai untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing. Diharapkan, dengan suasana yang penuh warna ini, aktivitas belanja menjadi lebih menyenangkan.
Dari segi produk sendiri, tampak sekali bahwa LOKA menyajikan produk-produk yang berkualitas dan segar dalam keragaman yang unik. Selain produk-produk standar, di LOKA, pelanggan juga dapat menjumpai berbagai produk istimewa seperti daging wagyu, buah-buahan eksotis, produk-produk organik, oleh-oleh dari berbagai penjuru Indonesia, alat-alat dapur berkualitas, serta berbagai makanan dan minuman premium.
Istimewanya lagi, Loka sangat memperhatikan pengalaman berbelanja keluarga. Untuk anak-anak disediakan trolleydan kasir khusus, sehingga mereka dapat berlatih untuk berbelanja secara bijak dan mandiri. Supermarket LOKA juga mempunyai restoran sendiri yang menyajikan makanan berkelas secara cantik dengan beragam pilihan untuk keluarga. Ada pula coffee shop, yang tentunya akan menjadi tempat favorit untuk breaksaat atau sesudah berbelanja.
Lebih jauh, Surja menjelaskan, “LOKA juga paham kebutuhan pelanggan akan akurasi harga, sehingga LOKA melakukan terobosan besar dengan menerapkan sistem harga elektronik, yang baru pertama kali ada di Indonesia. Dengan sistem ini, harga pada barang yang dipajang dan harga di kasir dipastikan selalu sama dan akurat, pelanggan tidak perlu lagi khawatir akan selisih harga.” Berbagai konsep menarik dan inovatif ini ditunjang dengan keramahan seluruh staf LOKA. Di LOKA, pelanggan adalah teman, sehingga seperti layaknya kepada teman, staf LOKA akan membantu pelanggan dengan ramah dan sepenuh hati agar pelanggan merasa nyaman di LOKA, begitu Surja menyebutnya.
LOKA berencana membuka paling tidak 5 gerai di tahun ini dan sekitar 30 gerai lagi dalam 5 tahun ke depan di berbagai kota di Indonesia. Dengan ekspansi ini, LOKA akan menciptakan sekitar 5.000 lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, baik langsung maupun tidak langsung. Hal ini merupakan salah satu wujud misi Mahadya dalam penciptaan lapangan kerja, yang sesuai dengan misi Grup TMT.