LOKA, Ritel Supermarket Gaya Hidup dari Mahadya
JAKARTA, 27 Agustus 2014 – PT Mega Mahadana Hadiya (Mahadya) kembali melebarkan sayapnya di pasar ritel dengan menghadirkan LOKA. LOKA adalah ritel supermarket gaya hidup dari Mahadya. LOKA membuka gerai di kawasan Flavor Bliss, Alam Sutera.
President Director Mahadya, Irzan H. Pulungan mengatakan bahwa dengan meluncurkan LOKA, Mahadya ingin semakin memperkuat posisinya dalam industri ritel Indonesia. Setelah sebelumnya memasuki pasar ritel dengan dua merek restoran waralaba internasional, Carl’s Jr. dan Wingstop, kali ini Mahadya membuka supermarket dengan merek LOKA. “Yang berbeda dengan LOKA, ini adalah merek yang konsepnya kami kembangkan sendiri, bukan melalui sistem waralaba, sehingga kami optimis LOKA dapat dengan tepat dan responsif menjawab keinginan pelanggan Indonesia,” jelas Irzan.
Ditemui di tempat yang sama, Chief Operation Officer FMCG Retail Mahadya, Surja Dharma lebih lanjut menjelaskan bahwa LOKA, lahir seiring dengan pertumbuhan masyarakat menengah atas di Indonesia. “Mereka mempunyai kebutuhan gaya hidup yang semakin variatif. LOKA menghadirkan pengalaman-pengalaman tersebut dan membuat aktivitas berbelanja menjadi lebih dari sekedar belanja,” ujar Surja. “Hal ini kami lakukan secara konsisten setiap hari. Karena itu, LOKA sebagai supermarket gaya hidup membawa semboyan merek Engage, Experience, Every Day untuk menyatakan konsepnya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan akrab, setiap hari.”
Penjelasan Surja memang terlihat jelas dengan berbagai konsep istimewa yang dihadirkan LOKA. Interior LOKA didesain secara modern dan elegan dengan konsep shop in shop yang menampilkan tema counter yang berbeda beda, sehingga suasananya unik dan nyaman. Bahkan trolley di LOKA pun tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga setiap pelanggan dapat memilih warna yang disukai untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing. Diharapkan, dengan suasana yang penuh warna ini, aktivitas belanja menjadi lebih menyenangkan.
Dari segi produk sendiri, tampak sekali bahwa LOKA menyajikan produk-produk yang berkualitas dan segar dalam keragaman yang unik. Selain produk-produk standar, di LOKA, pelanggan juga dapat menjumpai berbagai produk istimewa seperti daging wagyu, buah-buahan eksotis, produk-produk organik, oleh-oleh dari berbagai penjuru Indonesia, alat-alat dapur berkualitas, serta berbagai makanan dan minuman premium.
Sesuai dengan konsep LOKA yang menyajikan pengalaman lebih dari sekedar berbelanja, LOKA juga menghadirkan rangkaian pengalaman kuliner. Ada Food Theater, tempat dimana LOKA menghadirkan sajian kuliner premium yang memanjakan lidah. Juga ada The Philocoffee, kafé yang menyediakan kopi premium dari roasted bean pilihan. Hal ini sesuai dengan konsep LOKA sebagai sebuah destinasi keluarga, sehingga pengalaman berbelanja bukan hanya dapat dinikmati para ibu, tapi juga oleh para bapak. Selain itu, LOKA juga punya Baker Hood, bakery yang menyajikan freshly baked bread, di mana roti dipanggang langsung di dapur gerai, yang prosesnya bisa disaksikan langsung oleh pelanggan.
Untuk anak-anak, disediakan trolley dan kasir khusus, sehingga mereka dapat berlatih untuk berbelanja secara bijak dan mandiri. Ada juga rangkaian aktivitas anak di setiap akhir pekan untuk mendorong mereka beraktivitas secara kreatif.
Lebih jauh, Surja menjelaskan, “LOKA juga paham kebutuhan pelanggan akan akurasi harga, sehingga LOKA melakukan terobosan besar dengan menerapkan sistem harga elektronik, yang baru pertama kali ada di Indonesia. Dengan sistem ini, harga pada barang yang dipajang dan harga di kasir dipastikan selalu sama dan akurat, pelanggan tidak perlu lagi khawatir akan selisih harga.” Berbagai konsep menarik dan inovatif ini ditunjang dengan keramahan seluruh staf LOKA. Di LOKA, pelanggan adalah teman, sehingga seperti layaknya kepada teman, staf LOKA akan membantu pelanggan dengan ramah dan sepenuh hati agar pelanggan merasa nyaman di LOKA, begitu Surja menyebutnya.
LOKA berencana membuka paling tidak 5 gerai di tahun ini dan sekitar 30 gerai lagi dalam 5 tahun ke depan di berbagai kota di Indonesia. Saat ini, selain hadir di Flavor Bliss, LOKA juga hadir di Malang City Point, kota Malang. Dengan rencana ekspansi ini, LOKA akan menciptakan sekitar 5.000 lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, baik langsung maupun tidak langsung. Hal ini merupakan salah satu wujud misi Mahadya dalam penciptaan lapangan kerja, yang sesuai dengan misi Grup TMT.