LOKA, Supermarket Gaya Hidup, Kreasi Asli Grup TMT

Loka 1Dari namanya saja sudah terdengar akrab karena bernuansa lokal, ya benar, LOKA memang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tempat. Begitu melangkahkan kaki ke dalam LOKA, pelanggan akan disambut dengan suasana interior yang elegan, yang didesain secara berkelas untuk menambah kenyamanan berbelanja.

Sebenarnya, LOKA adalah titik kulminasi perjalanan Mahadya dalam menapaki bisnis ritel. Setelah sebelumnya mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba internasional Carl’s Jr. dan Wingstop, kini Mahadya berhasil mengeluarkan brand yang konsepnya dikelola dan dikembangkan sendiri dari awal. Melalui LOKA, Mahadya, ingin menunjukkan bahwa bangsa sendiri pun mampu membuat produk yang berkualitas, berkonsep unik, dan dapat menjawab pasar kebutuhan pasar kelas menengah yang sedang berkembang. Begitu penjelasan Irzan H.Pulungan selaku Direktur Utama Mahadya.

“Sebagai pemain baru, LOKA lahir seiring dengan pertumbuhan masyarakat menengah atas di Indonesia yang mempunyai kebutuhan gaya hidup yang semakin variatif. LOKA menghadirkan pengalaman-pengalaman tersebut dan membuat aktivitas berbelanja menjadi lebih dari sekedar belanja,” ujar Surja Dharma, Chief Operation Officer FMCG Retail Mahadya. “Hal ini kami lakukan secara konsisten setiap hari. Karena itu, LOKA sebagai supermarket gaya hidup membawa semboyan merek Engage, Experience, Every Day untuk menyatakan konsepnya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan akrab, setiap hari.”

Interior LOKA didesain secara modern dan elegan dengan konsep shop in shop yang menampilkan tema counter yang berbeda beda, sehingga suasananya unik dan nyaman. Bahkan trolley di LOKA pun tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga setiap pelanggan dapat memilih warna yang disukai untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing. Diharapkan, dengan suasana yang penuh warna ini, aktivitas belanja menjadi lebih menyenangkan.

Sesuai dengan konsep shop in shop, jadi ada berbagai gerai kecil di dalam LOKA dengan berbagai kekhasannya. Seperti toko dalam toko. Dimana, di masing-masing gerai kecil ini, LOKA menempatkan staf khusus yang menguasai produk-produk di gerai kecil tersebut, agar pelanggan dapat dengan nyaman bertanya dan mendapatkan jawaban yang tepat. Apa saja gerai-gerai kecil tersebut?

Loka 2LOKA punya Butchery Shop dengan nama D’Butcher, yang menghadirkan berbagai pilihan daging berkualitas premium. Kemudian, ada juga Fisherman’s Catch, shop yang menghadirkan produk-produk ikan dan seafood yang berkualitas dan unik seperti King Crab, bisa dijumpai di sini. Ada juga Deli Avenue, yang menghadirkan produk2 delicatessen premium seperti aneka daging olahan dan keju premium. Juga ada Staple food shop yang menghadirkan produk bahan pokok berkualitas. Kitchen Club yang menghadirkan perlengkapan dapur premium, juga Sugar Crush zona khusus anak-anak yang menghadirkan permen dan cokelat berbagai ragam. Keragaman produk oleh-oleh khas Indonesia dari berbagai daerah pun hadir di pojok Indonesian Favorite.

Wah menarik bukan? Belum seberapa, karena selain itu, berhubung LOKA itu menawarkan konsep yang lebih dari sekedar berbelanja, shop in shop LOKA juga menghadirkan pengalaman kuliner. Kalau tadi berupa gerai kecil, tiga gerai berikut ini memiliki area yang lebih khusus dan luas. Ada Food Theater, di sini LOKA menghadirkan sajian kuliner premium yang akan memanjakan lidah semua keluarga. Juga ada The Philocoffee, café LOKA yang menghadirkan kopi premium dari roasted bean pilihan. Ini adalah semakin menguatkan konsep LOKA, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja bukan hanya untuk para ibu, tapi juga utk para bapak. Selain itu, LOKA juga punya Baker Hood, bakery shop yang menyajikan roti yang dimasak di tempat sehingga selalu baru, tentunya dengan kualitas premium.

Untuk anak-anak, LOKA menyediakan trolley khusus anak. Dengan trolley ini, LOKA ingin melatih kemandirian anak-anak, terutama untuk anak umur 6-12 tahun. Orang tua bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengajari anak-anak menjadi smart shopper. Mereka bisa diajarkan untuk merencanakan belanja, membuat budget, dan membayar sendiri di kasir. Selain itu, LOKA juga menghadirkan berbagai aktivitas yang sifatnya edukatif untuk anak-anak setiap minggu. Anak-anak bisa mempelajari berbagai keterampilan sederhana yang merangsang motorik dan kreativitas mereka, misalnya dengan belajar menghias kue, merangkai balon, membuat sandwich, dan lain-lain.

Dari sisi teknologi, LOKA juga melakukan terobosan untuk menjamin akurasi harga dengan menerapkan sistem harga elektronik, yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Dengan sistem harga elektronik yang terintegrasi, harga produk baik di rak pajang maupun di kasir, dipastikan sama, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir akan terjadi selisih harga. Inilah bentuk komitmen pelayanan LOKA untuk menjamin kepentingan pelanggan.

loka-indonesia

 

LOKA telah resmi membuka gerainya di Flavor Bliss pada 27 Agustus lalu, LOKA juga hadir di Malang City Point, kota Malang pada Mei 2014. Dengan rencana ekspansi di beberapa kota lain, LOKA akan menciptakan sekitar 5.000 lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, baik langsung maupun tidak langsung. Hal ini merupakan salah satu wujud misi Mahadya dalam penciptaan lapangan kerja, yang sesuai dengan misi Grup TMT. Penasaran ingin berbelanja di LOKA, produk kebanggaan Grup kita? Segera kunjungi LOKA. (Imel & Erin)