Proses Rebranding TANGRAM Hotel Pekanbaru menjadi FOX Harris Hotel Pekanbaru

Setelah setahun beroperasi dengan Tangram Hotel, di tahun 2017 PT Halla Mohana resmi menggandeng operator hotel yang baru yakni TAUZIA Hotels dengan merek hotel terbarunya yaitu FOX Harris. FOX Harris merupakan perpanjangan dari brand HARRIS yang sudah banyak dikenal sebelumnya. Dengan desain yang kontemporer dan mudah beradaptasi menjadikan FOX Harris pilihan yang tepat bagi PT Halla Mohana untuk me-rebranding properti hotelnya. Menyasar kelas menengah sebagai target market, FOX Harris hadir dengan nuansa desain yang kontemporer dan tagline “A moment in life” dengan ciri khas warna dominan ungu dan sentuhan ringan oranye yang melambangkan kesegaran dan semangat.

Seiring perubahan operator hotel, serangkaian perubahan dan penyesuaian tengah dilakukan sejak Oktober 2017 untuk memastikan proses rebranding Tangram Hotel Pekanbaru menjadi Fox Harris Pekanbaru dapat berlangsung mulus untuk menyambut Opening FOX Harris Pekanbaru pada 8 Maret 2018 mendatang. Meski perubahan yang dilakukan tidak bersifat ekstrim seperti merubah layout kamar ataupun bentuk bangunan. Namun perubahan yang dilakukan terhadap building ID, totem, dan ornamen di kamar juga area lobi hotel serta seragam karyawan nyatanya telah menampilkan nuansa FOX Harris yang cukup kental.

Restoran hotel merupakan salah satu fasilitas yang turut mengalami perubahan guna menyesuaikan dengan branding yang baru. Perubahan terjadi pada nama restoran serta pembaharuan pada menu yang ditawarkan. Dari sebelumnya bernama Greens Restaurant kini restoran hotel berubah nama menjadi WTF (Where’s The Food) Resto yang menyajikan pilihan menu masakan melayu dan juga european simple menu. Penamaan meeting room hotel juga mengalami penyesuaian dengan standarisasi FOX Harris Hotel lainnya. Selain perubahan pada tampilan fisik hotel, serangkaian kegiatan sosialisasi dan promosi juga dijalankan untuk memperkenalkan FOX Harris Pekanbaru. Tidak hanya kepihak eksternal, namun juga terhadap tim internal hotel. Pada Bulan Januari 2018, melalui sejumlah materi training seperti “Discovering Tauzia”, “Internalisasi Brand FOX” dan “Catch The Guest” proses internalisasi telah dilaksanakan untuk memastikan seluruh tim hotel memahami semangat serta standarisasi pelayanan dari FOX Harris Pekanbaru. Tidak berhenti disana, sejumlah aktivitas sosialisasi dan promosi untuk memperkenalkan FOX Harris Pekanbaru juga telah dipersiapkan oleh tim Marketing Communication FOX Harris Pekanbaru. Bekerjasama dengan radio lokal Pekanbaru serta beberapa pihak lainnya, acara seperti radio talkshow, office to office, courtesy call, Car Free Day (CFD) event dan beberapa lainnya akan hadir selama beberapa bulan ke depan untuk mendukung proses rebranding ini. (Maulandiki & Rani)Proses internalisasi ke tim internal hotel mengenai brand Tauzia sebagai pengelola serta FOX Harris sebagai brand hotel yang baru merupakan salah satu rangkaian yang cukup penting dalam proses rebranding yang dilakukan.