Perjalanan panjang melalui berbagai tantangan telah berhasil dilewati oleh PT Chitra Paratama (Chitra) selama 25 tahun. Hal ini ditandai dengan diselenggarakannya rangkaian acara perayaan 25th Anniversary Chitra dengan mengusung tema ROLLING FORWARD: 25 YEARS OF INNOVATION yang sudah dimulai sejak Bulan September 2024 lalu.
Serangkaian kegiatan telah digulirkan oleh Chitra yang melibatkan seluruh karyawan khususnya yang ada di Head Office serta cabang perusahaan di luar Jabodetabek untuk turut memeriahkan acara Road to Anniversary baik secara online maupun offline. Tema ROLLING FORWARD: 25 YEARS OF INNOVATION sengaja diusung seiring dengan semangat serta perjalanan Chitra dari awal mula berdiri hingga pencapaiannya saat ini yang merupakan buah hasil dari pengembangan teknologi digitalisasi di lini bisnis Chitra, konsistensi Chitra dalam menyediakan dan memberikan produk serta layanan berkualitas tinggi kepada para pelanggan, serta semangat inovasi yang berkelanjutan untuk senantiasa dapat menjawab kebutuhan konsumen.
Road to Anniversary PT Chitra Paratama dimulai dengan penyelenggaraan Virtual Fun Walk yang sengaja digagas perusahaan agar dapat diikuti oleh karyawan Chitra di seluruh Indonesia, dilanjutkan dengan kegiatan Fun Run yang juga membangun semangat sportivitas antar karyawan. Selain itu, berbagai kegiatan juga menghiasi perjalanan perusahaan menuju perayaan ke-25 tahun, seperti kompetisi Rangking 1 & Weight Loss Challenge, Safety Driving, Leaders Talk, dan Donor Darah. Chitra meyakini bahwa perjalanan panjang yang ditempuh tidak luput dari peran serta kontribusi karyawan yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan setiap profesinya, oleh karena itu, momen ini juga dimanfaatkan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan dari berbagai jenjang melalui pemilihan Best Employee berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan setiap tahunnya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerja, dan membangun budaya kerja yang suportif serta kolaboratif sesuai dengan spirit theme Chitra di tahun 2025 yaitu Collaborate – Innovate – Dominate.
Fun Run Chitra
Tidak berhenti disana, Chitra juga sepenuhnya memahami kehadiran perusahaan sebagai bagian dari lingkungan, dan ini diwujudkannya melalui aksi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan sekaligus di 2 (dua) wilayah, yaitu pembersihan area pantai di Balikpapan, dan penanaman 250 Pohon Mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove, Jakarta Utara. Aksi ini juga tentunya sejalan dengan misi Chitra untuk secara aktif terlibat di masyarakat sebagai warga korporat yang baik, khususnya dalam merawat alam sehingga memberikan kehidupan yang nyaman untuk generasi selanjutnya.
Kegiatan CSR Pembersihan Pantai yang dilakukan Chitra di Balikpapan
Perayaan Anniversary ke-25 tahun dari PT Chitra Paratama yang terselenggara pada 18 Februari 2025 lalu di Plataran Puncak, Bogor, menjadi puncak kemeriahan yang ditunggu-tunggu tidak hanya oleh karyawan Chitra, namun juga seluruh pihak yang terlibat selama rangkaian acara yang telah berlangsung sejak 2024 lalu.
Acara yang dihadiri oleh jajaran manajemen dan karyawan Chitra, business leader di lingkungan Grup TMT, manajerial MahaDasha serta para mitra bisnis perusahaan, menjadi momen kilas balik bagi perusahaan untuk mengingat kembali seluruh tantangan dan ketidakpastian yang telah berhasil dilalui oleh Chitra sejak awal pendirian hingga saat ini.
Bermula pada tahun 1996 ketika PT Trakindo Utama (Trakindo) menjadi dealer eksklusif untuk merek ban Michelin earthmover di bawah naungan Mining Division. PT Chitra Paratama kemudian didirikan pada 18 Februari tahun 2000 sebagai perusahaan yang ditunjuk untuk mengelola bisnis ban earthmover Michelin di Indonesia yang sebelumnya merupakan departemen Tire Business Unit Trakindo.
Mengusung slogan total tire solution, Chitra mengawali bisnis sebagai penyedia ban untuk kebutuhan mining di Indonesia yang terus berkembang dengan memperluas jaringan bisnisnya guna mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelanggan dalam mencari solusi untuk merawat ban. Hal ini sejalan dengan terbentuknya logo Chitra yang diambil dari bentuk ban yang sedang bergerak, dengan kedua tapak luar dan dalam yang seolah memutar keluar tanpa henti. Bentuk ini secara ikonik mencerminkan bisnis perusahaan yang secara simbolik merepresentasikan kekuatan, pertumbuhan yang dinamis dan berkembang, melalui berbagai inovasi dan transformasi yang dilakukan perusahaan secara berkelanjutan. Selain itu, 2 (dua) rangkaian tapak yang sama-sama berjumlah 18 juga merupakan proyeksi kesuksesan, yang spesifik dibuat untuk mewakili harapan perusahaan di masa mendatang. Warna logo Chitra yang merupakan gradasi dari biru-hitam ke hijau juga melambangkan transformasi mewakili awal bisnis Chitra sebagai perusahaan distribusi ban, biru mewakili kearifan dan proses pendewasaan, sedangkan hijau melambangkan ramah lingkungan, sebagai tujuan yang harus dicapai.
Chitra juga terus berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan jasa seperti tire repair and tire retread, dan menggandeng beberapa brand ternama untuk Wheels & Rims, Tools & Accessories dan juga Tire Handler sebagai bentuk keseriusan perusahaan untuk dapat terus menyediakan solusi menyeluruh bagi pelanggan dalam merawat ban. Selain itu, Chitra juga rutin dalam melakukan pengecekan produk agar mendapatkan hasil yang optimal dan dapat mengurangi kekhawatiran pelanggan dalam masalah yang terjadi pada ban atau produk lainnya.
Tidak ingin ketinggalan zaman dalam perkembangan era digital saat ini, Chitra terus melakukan inisiatif guna meningkatkan after salesservice dengan membangun serta mengembangkan sistem digitalisasi yang dapat mempermudah pelanggan melakukan pengecekan ban. Beberapa inisiatif diantaranya adalah Chitra Tire System (CTS) untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mempermudah pencatatan stok ban secara online maupun offline; Chitra Application Mobile Sistem (CAMOS), aplikasi mobile yang membantu aktivitas tireman di lapangan seperti inspeksi ban, pemeriksaan tekanan, perhitungan TKPH (Tonne Kilometre Per Hour), kondisi lapangan, dan kartu pekerjaan repairman; Alat Smart Pressure Monitoring yang digunakan untuk memantau tekanan, suhu, dan koordinat lokasi ban secara real-time; serta Digital Tire Pressure Gauge sebagai pengukur tekanan ban digital dengan memberikan pembacaan yang akurat dan terkalibrasi sehingga hal ini ideal untuk kondisi di pertambangan.
Melalui berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Chitra selama 25 tahun, perayaan anniversary kali ini selain menjadi momen perayaan dan rasa syukur atas setiap pencapaian yang telah berhasil diraih hingga saat ini, juga menjadi momen untuk memacu semangat dan meningkatkan komitmen dalam mengoptimalkan kompetensi, keahlian, serta aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi pelanggan, seluruh pemangku kepentingan, dan masyarakat Indonesia. (Andana Gustafianto & Putri Rezky, PT Chitra Paratama)
Kota Yogyakarta kini memiliki destinasi baru bagi para pecinta kuliner! Wingstop Indonesia resmi membuka gerai pertaman...
Baca SelengkapnyaWingstop Indonesia terus berinovasi dalam memberikan pengalaman kuliner yang berkesan bagi para pelanggan setianya. Men...
Baca SelengkapnyaMAIIN Gandaria hadirkan serangkaian kegiatan menarik selama bulan Januari dan Februari 2025 lalu. Pada tanggal 13 Janua...
Baca Selengkapnya